Contoh Proposal Usaha Catering Rumahan (Download)

Share
Comment 0 reply
Contoh Proposal Usaha Catering Rumahan (Download)

Apakah Anda seorang pemilik usaha katering yang ingin mengembangkan bisnis, membutuhkan mitra baru atau dana sebagai modal tambahan? Maka berikut beberapa contoh proposal usaha catering yang dapat dijadikan referensi untuk membuat proposal yang bagus dan menarik dengan salah satu tujuan di atas.

Bisnis catering sendiri memang menjadi salah satu yang sedang hits saat ini dan diperkirakan akan terus tumbuh hingga bertahun-tahun ke depan bahkan masuk dalam kategori jenis bisnis yang bersifat long lasting. Hal ini karena catering makanan akan selalu dibutuhkan selama di bumi ini masih ada kehidupan.

Pengertian Proposal

Pengertian proposal

Sebelum melihat-lihat beberapa proposal usaha catering di bagian bawah artikel ini, pertama mari pahami dulu tentang apa itu proposal, sehingga saat melihat contoh-contohnya nanti akan lebih mudah untuk mengerti isi di dalamnya.

Jika dalam dunia bisnis, proposal diartikan sebagai sebuah dokumen fisik berisi gambaran mengenai sebuah bisnis / usaha yang dibuat oleh pemilik usaha tersebut dengan tujuan untuk menarik pihak-pihak tertentu yang akan diajak kerjasama misalnya sponsor, investor, mitra kerja, supplier bahan makanan, dll.

Karena tujuan utamanya adalah menggaet calon mitra atau sponsor dan investor, maka proposal harus dibuat semenarik mungkin dengan isi yang jelas dan terperinci. Jadi nantinya, penerima proposal dapat memahami isi dari proposal dengan lebih gampang.

Beberapa poin yang harus ada dalam proposal catering termasuk identitas usaha, latar belakang atau alasan kerjasama, bagaimana cara kerja catering tersebut, apa keuntungan yang akan didapat pihak mitra atau investor, laporan keuangan usaha catering, metode promosi yang digunakan, dan sebagainya.

Sekilas Mengenai Bisnis Catering

Sekilas Mengenai Bisnis Catering

Catering adalah salah satu jenis bisnis di bidang kuliner yang tugasnya adalah menyiapkan / menyediakan / memenuhi permintaan makanan dari pihak yang memesan untuk berbagai jenis keperluan seperti makanan untuk pesta, acara kantor, kumpul keluarga, dan sebagainya.

Bisnis catering termasuk tidak pernah sepi terlebih sejak gaya hidup manusia yang berubah menjadi serba cepat dalam beberapa tahun terakhir dan padatnya kesibukan harian yang membuat waktu memasak menjadi sangat minim. Inilah sejumlah alasan mengapa bisnis catering rumahan cocok untuk dicoba:

  • Modalnya relatif kecil namun memberikan keuntungan yang besar jika bisnis ini mampu dijalankan dengan teknik baik. Manajemen keuangan yang bagus dan teknik promosi yang tepat bahkan dapat membuat proses balik modal tidak lama sehingga bisnis bisa diperluas / dikembangkan.
  • Bisnis ini dapat dijalankan oleh siapa saja bahkan oleh ibu rumah tangga, dan tidak harus memiliki tempat usaha khusus karena bisa dimulai dari rumah sendiri.
  • Peminat atau target pasar dari bisnis catering sangat melimpah di berbagai daerah di pelosok negeri ini, mulai dari area perkotaan yang padat penduduk hingga wilayah pedesaan sekalipun.
  • Bisnis catering rumahan sangat cocok untuk pebisnis yang memang lebih suka mengelola bisnisnya dari rumah karena alasan tertentu misalnya sambil mengurus anak, mengawasi orang tua di rumah, dan sebagainya.
  • Bisnis catering dapat dimulai dari alat pribadi yang sudah ada di dapur rumah, dan jika ada yang kurang maka alat-alat nya pun bisa dengan mudah ditemukan dan dengan harga yang relatif murah.
  • Bahan baku untuk bisnis catering sangat mudah ditemukan karena tersedia di berbagai tempat mulai dari pasar tradisional dan supermarket hingga online shop.
  • Opsi makanan yang bisa dipilih sangat beragam mulai dari catering makanan sehat, menu kantoran, catering pesta, atau catering khusus makanan ringan.

Contoh Proposal Usaha Catering Rumahan (Download)

Contoh Proposal Usaha Catering Rumahan (Download)

Beberapa contoh proposal usaha catering dari sejumlah tempat di atas dapat langsung di download ke laptop atau hp sehingga tidak harus konek ke internet jika ingin melihatnya lagi sambil membuat proposal sendiri untuk kerjasama dengan pihak-pihak terkait yang memungkinkan.

Kunjungi juga:

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.