Contoh Proposal Studi Kelayakan Bisnis 2022

Share
Comment 0 reply
Contoh Proposal Studi Kelayakan Bisnis 2022

Melakukan studi kelayakan bisnis sebelum menjalankan usaha merupakan hal yang terbilang cukup penting, Dalam artikel ini, akan diberikan beberapa contoh proposal studi kelayakan bisnis yang dapat Anda gunakan sebagai referensi.

Salah satu peranan penting dalam melakukan studi kelayakan bisnis adalah untuk memperhitungkan dan menganalisa bagaimana sebuah usaha atau bisnis dapat berjalan dan dikembangkan. Bagi Anda yang ingin membuat usaha, sebaiknya pahami betul studi kelayakan bisnis dan cara Menyusun proposalnya.

Pengertian Proposal

Pengertian Proposal

Proposal didefinisikan sebagai permohonan pengajuan atau usulan yang dibuat tertulis dan disusun secara sistematis dengan kerangka yang menjelaskan detail dari permohonan yang diajukan.

Ada bermacam-macam proposal mulai dari proposal penelitian, proposal proyek, proposal kegiatan dan proposal bisnis. Hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan proposal adalah struktur dari proposal itu sendiri.

Sebab, masing-masing jenis proposal memiliki struktur yang berbeda. Selain itu, perlu juga untuk memperhatikan ruang lingkup dari proposal yang disusun agar fokus dan tidak membingungkan pihak terkait.

Apa itu Studi Kelayakan Bisnis?

Apa itu Studi Kelayakan Bisnis

Studi kelayakan bisnis merupakan suatu aktivitas yang dilakukan dalam rangka menguji dan menganalisa suatu bisnis atau usaha yang akan dijalankan.

Dalam perencanaan membangun suatu usaha atau bisnis, adanya studi kelayakan bisnis ini akan membantu para pelaku usaha untuk mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan dan dilakukan dalam memulai bisnis.

Studi kelayakan bisnis ini juga berguna untuk menentukan target pasar serta tipe-tipe customer yang akan mereka hadapi ketika bisnis sudah berjalan.

Tujuan Studi Kelayakan Bisnis

Tujuan Studi Kelayakan Bisnis

Maksud dari dilakukan studi kelayakan bisnis adalah untuk memperkirakan dan menilai apakah bisnis yang direncanakan dapat terealisasi atau tidak.

Dengan melakukan berbagai perhitungan dan analisa berbagai parameter yang ditentukan, seorang pelaku usaha dapat memanfaatkannya untuk mencapai keuntungan yang maksimal.

Tujuan-tujuan lain dari dilakukannya studi kelayakan bisnis adalah untuk meminimalisir risiko kerugian, memudahkan perencanaan usaha, pengawasan, pengendalian serta pelaksanaan pekerjaan.

Aspek Studi Kelayakan Bisnis

Aspek Studi Kelayakan Bisnis

Setidaknya ada 5 aspek studi kelayakan bisnis yang harus diperhatikan yakni aspek ekonomi dan budaya, aspek pasar dan pemasaran, aspek manajemen, aspek keuangan dan yang terakhir adalah aspek legalitas hukum.

Masing-masing aspek perlu diperhatikan karena akan menjadi salah satu penentu kesuksesan bisnis yang Anda jalankan di kemudian hari.

Tahapan Studi Kelayakan Bisnis

Tahapan Studi Kelayakan Bisnis

Dalam membuat proposal studi kelayakan bisnis, dibutuhkan tahapan-tahapan yang sebenarnya merupakan langkah-langkah dalam menganalisa bisnis itu sendiri. Tahapan tersebut antara lain :

  • Penemuan ide. Menemukan ide yang bagus, inovatif dan memiliki nilai jual di masyarakat.
  • Penelitian. Setelah ide, maka perlu dilakukan penelitian terhadap ide bisnis yang sudah dibuat. Mencakup pengumpulan data, pengolahan data serta analisa dan perhitungan secara menyeluruh hingga dapat ditarik kesimpulan.
  • Evaluasi. Melakukan evaluasi dengan mempertimbangkan aspek studi kelayakan untuk menentukan apakah bisnis dapat berjalan atau tidak.
  • Penentuan. Menentukan ide bisnis mana yang sekiranya dapat terealisasi.
  • Rencana pelaksanaan. Melakukan penjadwalan dan persiapan mulai dari proses pendanaan, manajemen SDM dan lainnya.
  • Pelaksanaan

Contoh Proposal Studi Kelayakan Bisnis

Contoh Proposal Studi Kelayakan Bisnis

Berikut ini merupakan contoh proposal dengan tema studi kelayakan bisnis yang fresh dan cocok untuk dijadikan sebagai bahan pembelajaran maupun referensi dalam penyusunan proposal yang serupa:

Dengan melihat beberapa referensi dari contoh proposal studi kelayakan bisnis ini, Anda jadi memiliki gambaran tentang bagaimana persiapan untuk membangun suatu usaha dan visualisasi kondisi di lapangan sehingga membantu dalam pengambilan keputusan yang tepat.

Kunjungi juga:

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.