Contoh Proposal Bantuan Santunan Anak Yatim di Masa Pandemi

Share
Comment 0 reply
Contoh Proposal Bantuan Santunan Anak Yatim di Masa Pandemi

Pandemi yang melanda berbagai dunia sejak 2020 silam tidak hanya berdampak pada bisnis tapi juga sejumlah lembaga seperti panti asuhan yang akhirnya kekurangan donatur dan mengalami kesulitan. Cek beberapa contoh proposal santunan anak yatim berikut sebagai referensi membuat proposal sendiri.

Jadi jika nantinya ada tugas untuk membuat contoh proposal bantuan santunan panti, atau mungkin Anda adalah salah satu pengurus panti yang ingin membuat proposal seperti ini maka tidak perlu bingung lagi dan proposal yang dibuat pun tidak sembarangan / asal namun sesuai dengan sistematika standar.

Pengertian Proposal

Pengertian Proposal

Istilah proposal rupanya diserap dari bahasa Inggris “to propose”, yang memiliki arti “mengajukan”. Jika menurut KBBI, kata proposal diartikan sebagai suatu rencana yang dibuat menjadi sebuah rancangan kerja.

Secara lebih luas, pengertian proposal adalah sebuah rencana kerja dalam bentuk tulisan / teks sistematis dan rinci serta jelas dari suatu ide kegiatan yang secara umum bersifat formal/resmi.

Jadi sebelum sebuah kegiatan dilakukan, maka kegiatan tersebut diusulkan terlebih dulu kepada pihak-pihak yang terkait dalam wujud proposal.

Adapun kegiatan yang dimaksud disini sifatnya bisa internal (hanya di lingkup organisasi) atau juga eksternal (kegiatan yang mengikutsertakan khalayak umum / masyarakat / pihak-pihak tertentu lain dari suatu organisasi yang mengusulkan kegiatan).

Lalu mengapa proposal ini harus dibuat? Tujuannya adalah untuk mendapat pengesahan / izin / persetujuan dari pihak yang berwenang, dan biasanya juga untuk mendapat bantuan dana terkait kebutuhan pembiayaan dari kegiatan yang akan dilaksanakan. Sedangkan dalam hal santunan anak yatim, proposalnya bukan termasuk usulan kegiatan namun permintaan permohonan dana.

Manfaat Santunan Anak Yatim

Manfaat Santunan Anak Yatim

Melihat contoh proposal santunan anak yatim sebelum membuat proposal yang sesungguhnya akan sangat bermanfaat dalam menghasilkan proposal yang baik dan benar sehingga bisa lebih meyakinkan pihak donator. Sedangkan manfaat dari memberikan santunan anak yatim sendiri ada banyak seperti:

1. Bermanfaat Bagi Orang Lain

Dalam agama Islam ada sebuah hadist yang mengatakan bahwa sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain.

Jika memberikan sebagian hartanya untuk santunan anak yatim apalagi secara rutin, maka sudah termasuk salah satu manusia yang bermanfaat karena harta tersebut nantinya bisa memenuhi kebutuhan hidup anak-anak yatim.

2. Menjauhi Sifat Riya

Riya adalah salah satu sifat tercela karena suka memamerkan harta yang sebenarnya hanya titipan dari Sang Khaliq.

Manfaat lain dari suka berbagi atau bersedekah seperti salah satunya menjadi donatur yayasan yatim piatu adalah menjauhkan diri dari sifat riya karena selalu sadar bahwa harta yang dimiliki akan lebih berkah dan bermanfaat jika dibagi kepada sesama.

3. Belajar Ikhlas

Konon ikhlas menjadi hal yang paling sulit untuk dilakukan, namun dengan sering bersedekah misal memberikan santunan pada anak yatim maka sama seperti terus menerus belajar untuk ikhlas yang nantinya bisa membawa ke surga.

4. Didoakan Malaikat

Salah satu keajaiban dari menggunakan harta di jalan Allah seperti menyantuni anak yatim adalah akan didoakan oleh para malaikat agar harta yang telah disedekahkan diganti berkali lipat.

5. Pahala Setara Jihad

Jihad adalah sebutan untuk orang Muslim yang meninggal di medan perang dan dijanjikan Allah dapat masuk surga tanpa ada hisab. Jika ingin mendapat pahala yang sama dengan jihad maka rajinlah menyantuni anak yatim dengan niat yang baik dan ikhlas.

Contoh Proposal Bantuan Santunan Anak Yatim di Masa Pandemi

Contoh Proposal Bantuan Santunan Anak Yatim di Masa Pandemi

Berdasarkan beberapa contoh proposal santunan anak yatim di atas, dapat dikatakan bahwa sebenarnya proposal ini tidak terlalu sulit untuk dibuat. Kuncinya adalah harus sistematis sesuai dengan standar yang sudah ada dan isinya harus padat namun jelas serta meyakinkan para penerima proposal.

Kunjungi juga:

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.