Contoh Proposal Penelitian Teknik Informatika (Download PDF)

Share
Comment 0 reply
Contoh Proposal Penelitian Teknik Informatika (Download PDF)

Sedang mencari contoh proposal penelitian teknik informatika yang bagus untuk dijadikan referensi? Tapi sebelumnya, pahami dulu tentang apa itu proposal penelitian dan seperti apa saja metode penelitian yang tepat dan dibutuhkan sesuai dengan tujuan dari masing-masing penelitian.

Proposal sendiri biasanya menjadi salah satu tugas paling umum selama menyandang status mahasiswa dan menjadi salah satu dokumen paling dibutuhkan dalam dunia kerja. Jenis dari proposal sendiri ada banyak dan salah satunya adalah proposal penelitian. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Pengertian Proposal

Pengertian Proposal

Secara umum, istilah proposal diartikan sebagai suatu rancangan kerja, atau bisa dikatakan juga rencana kerja dari suatu kegiatan yang akan dilakukan.

Saat proposal ditulis maka kegiatan tersebut masih sebagai usulan / ide / gagasan, dan adanya proposal adalah untuk mengajukan izin melakukan kegiatan tersebut dari pihak yang berwenang.

Namun, proposal juga dapat disodorkan kepada pihak sponsor, investor, donator, dan sejumlah pihak lain yang berhubungan dengan kegiatan yang diusulkan tadi.

Jenis dari proposal sendiri cukup beragam mulai dari proposal kegiatan, pengajuan dana bantuan, hingga proposal penelitian yang masih dibagi lagi menjadi beberapa seperti penelitian sosial, ilmiah, dan teknik.

Metode Penelitian Teknik Informatika

Metode penelitian diartikan sebagai cara yang digunakan oleh peneliti untuk mendapatkan data yang valid dan selanjutnya data tersebut akan dianalisis agar bisa menentukan solusi dari permasalahan yang sebelumnya telah diteliti tadi, atau bisa juga untuk menarik kesimpulan.

Metode penelitian yang paling banyak dikenal secara umum adalah kualitatif dan kuantitatif. Tapi sebenarnya masih ada juga metode penelitian lainnya termasuk di bidang teknik informatika, yaitu:

1. Metode Kualitatif

Metode Kualitatif

Metode ini memungkinkan peneliti untuk melakukan pengamatan dan observasi pada objek yang diteliti, selanjutnya akan dilakukan analisa dari data-data yang didapat dan ditarik kesimpulan.

2. Kuantitatif

Kuantitatif

Metode ini dilakukan peneliti dengan menggunakan instrumen (alat ukur) penelitian dan disertai dengan analisa yang sifatnya statistik. Dibanding metode sebelumnya, metode ini dirasa lebih objektif.

3. Survei

Survei

Metode survei adalah mengumpulkan data melalui sekumpulan orang / responden yang telah dipilih oleh peneliti sesuai dengan kriteria dengan cara responden mengisi jawaban dari sejumlah pertanyaan yang sebelumnya telah dibuat oleh peneliti.

Selanjutnya jawaban dari para responded tadi akan diklasifikasikan dan dianalisa. Salah satu kelemahan utama dari metode adalah jawaban yang tidak valid karena bisa saja responded sedang tidak mood sehingga jawabannya asal.

4. Deskriptif

Deskriptif

Sesuai dengan namanya, metode penelitian deskriptif memiliki tujuan utama untuk mendeskripsikan suatu kejadian / peristiwa secara objektif. Pada umumnya metode ini diaplikasikan untuk memecahkan suatu masalah yang ada. Data dari metode ini bisa didapat salah satunya dengan cara wawancara kepada objek.

5. Metode Eksperimental

Metode Eksperimental

Metode ini dilakukan dengan cara melakukan satu atau lebih percobaan yang tujuannya adalah untuk mengetahui hubungan dari sebab dan akibat yang ada pada satu variabel, lalu variabel ini biasanya akan dibandingkan dengan variabel lain.

6. Metode Penelitian Pengembangan

Metode Penelitian Pengembangan

Research & Development atau disingkat R&D adalah istilah lain untuk menyebut metode penelitian pengembangan, yang diartikan sebagai metode penelitian dengan memperoleh data agar dapat digunakan untuk mengembangkan, menghasilkan, dan memvalidasi suatu produk.

Contoh Proposal Penelitian Teknik Informatika (Download PDF)

Contoh Proposal Penelitian Teknik Informatika (Download PDF)

Contoh proposal penelitian teknik informatika tidak bisa dibuat secara asal meskipun hanya untuk tugas sekolah dan bukan penelitian yang sebenarnya. Bersamaan dengan ini juga perlu tahu dan memahami jenis metode penelitian karena nantinya perlu dibahas juga di dalam proposal.

Kunjungi juga:

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.