Contoh Proposal Penelitian Ilmiah Sederhana

Share
Comment 0 reply
Contoh Proposal Penelitian Ilmiah Sederhana

Contoh proposal penelitian ilmiah sebenarnya bisa Anda cari dengan mudah melalui internet, apalagi dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini. Jadi, Anda tidak perlu pergi ke perpustakaan dan mencari proposal secara manual karena akan menghabiskan waktu.

Penelitian akan terlaksana dengan baik jika Anda bisa mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dengan baik. Termasuk dalam mempersiapkan rencana kegiatan yang akan dituangkan dalam proposal dan nantinya diajukan ke pihak terkait.

Pengertian Proposal

Pengertian Proposal

Sebelum membahas lebih lanjut tentang proposal penelitian ilmiah, Anda harus tahu pengertian proposal terlebih dahulu. Sebenarnya, kita sering mendengar atau bahkan menggunakan istilah proposal dalam kehidupan sehari-hari, baik pelajar maupun pebisnis.

Proposal diartikan sebagai rencana kegiatan yang dituliskan secara sistematis dan terperinci agar pihak terkait bisa mengerti maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut. Ada banyak kegiatan yang membutuhkan proposal, seperti bisnis, kegiatan, proyek hingga penelitian.

Proposal penelitian ilmiah berisi tentang rancangan penelitian ilmiah yang akan dilakukan, mulai dari latar belakang, rumusan masalah, tinjauan pustaka, metode penelitian, lokasi penelitian, subjek penelitian dan hipotesis dari penelitian tersebut.

Semua itu harus dituliskan dengan detail dan sistematis sesuai aturan yang berlaku agar pembaca lebih mudah memahaminya. Dengan begitu, tujuan pembuatan dan pengajuan proposal ini dapat tercapai, misalnya untuk mendapatkan bantuan dana.

Setiap pembuatan proposal memiliki tujuan yang berbeda-beda, mulai dari untuk mendapatkan dukungan, mendapatkan bantuan dana hingga mendapatkan perizinan. Itulah mengapa penting membuat proposal semenarik mungkin tapi sesuai kenyataan.

Pengertian Penelitian Ilmiah

Pengertian Penelitian Ilmiah

Setelah mengetahui pengertian proposal, Anda juga harus tahu apa yang dimaksud penelitian ilmiah karena dalam artikel ini kita membahas tentang proposal penelitian ilmiah. Penelitian ilmiah merupakan suatu kegiatan objektif dan sistematis untuk mengkaji sebuah masalah.

Tujuan penelitian ilmiah untuk mencapai suatu pengertian tentang prinsip-prinsip dasar dan teori tentang masalah tersebut. Berbagai informasi, seperti teori menjadi pedoman dalam melakukan penelitian ilmiah sehingga teori baru lebih sempurna.

Sebenarnya sudah banyak teori-teori yang ditemukan sejak dulu, namun seiring dengan perkembangan zaman maka teori tersebut juga harus dikembangkan sesuai dengan kondisi zaman sekarang. Itulah mengapa dibutuhkan penelitian ilmiah terhadap suatu masalah.

Penelitian ilmiah dilakukan berdasarkan langkah-langkah yang sudah ditetapkan dan berikut urutannya.

  1. Mengidentifikasi dan merumuskan suatu masalah atau fenomena
  2. Melakukan studi pendahuluan dengan teori dan penelitian terdahulu.
  3. Merumuskan kesimpulan sementara atau hipotesis
  4. Mengidentifikasi variabel dan definisi operasionalnya
  5. Menentukan desain dan rancangan penelitian.
  6. Menentukan dan mengembangkan instrumen penelitian
  7. Menentukan populasi, sampel atau subjek penelitian
  8. Melaksanakan penelitian
  9. Melakukan analisa data yang sudah terkumpul
  10. Membuat hasil atau kesimpulan dari hasil penelitian dan pembahasan
  11. Menyusun laporan dan melakukan desiminasi

Contoh Proposal Penelitian Ilmiah

Contoh Proposal Penelitian Ilmiah

Meski contoh proposal penelitian bisa Anda dapatkan dengan mudah di internet, tapi tidak semuanya menampilkan proposal penelitian ilmiah seperti yang Anda harapkan. Oleh karena itu, beberapa contoh berikut ini bisa menjadi panduan bagi Anda untuk menyusun proposal.

1. Proposal penelitian ilmiah tentang Sekresi Nitrit Oksida Sel Fagosit

2. Proposal penelitian ilmiah tentang Cadangan Devisa Indonesia

3. Proposal penelitian ilmiah tentang Anak Jalanan

4. Proposal penelitian ilmiah tentang Fisioterapi

5. Proposal penelitian ilmiah tentang Semangat Kerja Karyawan

Beberapa contoh proposal penelitian ilmiah di atas memiliki sistematika yang serupa jadi Anda bisa menjadikannya panduan dalam membuat proposal penelitian. Pastikan semua rencana penelitian dibuat dengan matang agar pelaksanaan berjalan dengan lancar.

Kunjungi juga:

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.