Contoh Proposal Kegiatan Kampus Mahasiswa Sederhana

Share
Comment 0 reply
Contoh Proposal Kegiatan Kampus Mahasiswa Sederhana

Mahasiswa yang aktif di berbagai kegiatan organisasi kampus seperti UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) dan lain sebagainya tentu tak asing atau bahkan sudah sering menyusun sebuah contoh proposal kegiatan kampus.

Hal ini karena memang untuk mengadakan berbagai event ataupun acara apapun di kampus membutuhkan proposal kegiatan. Proposal ini nantinya akan diberikan kepada pihak penanggung jawab yang memegang peran penting dalam event tersebut seperti misalnya rektor kampus.

Pengertian Proposal

Pengertian Proposal

Proposal menjadi istilah yang tak asing lagi di kalangan masyarakat, khususnya di lingkungan kerja dan pendidikan. Berbagai macam kegiatan yang ada dalam dunia pendidikan seperti di sekolah atau kampus memang tak pernah lepas dari pembuatan proposal.

Menurut KBBI, proposal sendiri merupakan rencana dalam bentuk rancangan kerja yang ditulis secara sistematis, terperinci, dan menyeluruh sebelum melaksanakan penelitian. Kemampuan dalam menyusun proposal penting untuk dimiliki oleh setiap orang, supaya bisa berpikir secara logis.

Selain berisi rancangan kerja secara detail dan menyeluruh, dalam sebuah proposal seperti contoh proposal kegiatan kampus juga harus menuliskan perkiraan jumlah dana yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan atau acara tersebut.

Sedangkan tujuan utama dalam pembuatan sebuah proposal adalah untuk mengajukan permohonan sekaligus mendapatkan bantuan dari pihak-pihak yang berkepentingan. Bantuan yang dimaksud dalam hal ini  bisa dalam bentuk dukungan atau bisa juga berupa dana dalam jumlah tertentu.

Selain itu, proposal juga dibuat dengan tujuan agar mendapatkan persetujuan atau izin dalam melakukan penelitian atau kegiatan. Maka dari itu, proposal harus disusun secara simple dan terstruktur supaya bisa dipahami oleh pihak terkait yang ingin dimintai persetujuan.

Sekilas Mengenai Kegiatan Kampus

Sekilas Mengenai Kegiatan Kampus

Melakukan kegiatan di kampus sudah menjadi rutinitas yang paling umum bagi sebagian mahasiswa. Sama halnya dengan kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah, kegiatan di kampus juga banyak. Namun kegiatan kampus pastinya jauh lebih seru dan fleksibel dibandingkan kegiatan di SMA.

Dengan mengikuti kegiatan kampus maka mahasiswa bisa menyalurkan hobi, mengembangkan kemampuan yang dimiliki, menemukan jati diri, saling support antar satu sama lain, atau bahkan hanya mengisi waktu yang kosong.

Ada banyak sekali kegiatan kampus yang bisa dipilih. Namun usahakan untuk memilih secara lebih selektif supaya nantinya tidak mudah terpengaruh oleh suatu organisasi atau kegiatan yang justru memiliki dampak kurang baik.

Hal ini penting untuk diperhatikan karena dampak baik atau buruknya saat mengikuti kegiatan kampus nantinya tidak hanya dibawa ketika di masa kuliah saja, tapi juga dibawah hingga masuk dunia kerja.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk mengikuti kegiatan kampus yang bisa memberikan dampak positif seperti BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), HIMA (Himpunan Mahasiswa), Kepanitiaan Acara Kampus, Komunitas Mahasiswa, Magang, Kompetisi dan lainnya.

Contoh Proposal Kegiatan Kampus Mahasiswa Sederhana

Contoh Proposal Kegiatan Kampus Mahasiswa Sederhana

Proposal kegiatan kampus merupakan suatu rencana kegiatan kampus yang dibuat secara tertulis berupa rancangan kerja. Jika ingin mengadakan kegiatan di kampus tentu harus membuat proposal terlebih dahulu supaya kegiatan yang ingin dilakukan mendapat persetujuan dari pihak kampus.

Kami disini akan bagikan beberapa contoh proposalnya seperti proposal pameran buku karya mahasiswa, seminar PDF dan lainnya. File ini bisa diedit sesuai keinginan jika masih kurang sesuai, seperti mengganti nama kegiatan kampus atau mengubah dananya.

Kumpulan contoh proposal kegiatan kampus ini bisa dijadikan sebagai referensi untuk membuat sebuah proposal sesuai dengan acara atau kegiatan yang akan dilakukan di kampus. Pastikan penyusunan proposal kegiatan ini dibuat secara rapi dan terperinci. Semoga berhasil!

Kunjungi juga:

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.