Contoh Proposal Peringatan Hari Kartini Singkat (Download)

Share
Comment 0 reply
Contoh Proposal Peringatan Hari Kartini Singkat (Download)

Saat memasuki tanggal 21 April, biasanya akan diadakan beberapa acara atau kegiatan sebagai salah satu bentuk untuk memperingati Hari Kartini. Untuk persiapannya tentu membutuhkan dana dalam jumlah yang tak sedikit. Sehingga panitia dalam hal ini harus menyusun contoh proposal Hari Kartini.

Proposal sesuai dengan tema Hari Kartini ini dibuat dengan tujuan agar kegiatan yang ingin dilaksanakan bisa diterima serta mendapat dukungan. Selain itu, juga untuk mendapatkan bantuan dana sehingga acara tersebut bisa berjalan dengan sukses dan lancar.

Pengertian Proposal

Pengertian Proposal

Proposal adalah suatu rencana kegiatan atau penelitian yang dibuat dalam bentuk tulisan dengan tujuan agar bisa dipertimbangkan dengan baik, yang dimana pada akhirnya bisa mendapat persetujuan dari pihak-pihak terkait.

Pengertian tersebut semakin diperkuat dengan pernyataan dari Kosasih (2017, halaman 154) yang menyebutkan bahwa proposal merupakan sebuah teks dalam bentuk permintaan kepada individu atau lembaga untuk melaksanakan penelitian atau kegiatan.

Sama halnya dengan beberapa pernyataan tersebut, Tim Kemdikbud juga menjelaskan bahwa proposal menjadi dokumen penting yang digunakan sebagai bentuk permohonan, pengajuan, dan penawaran.

Dengan membuat sebuah proposal lengkap maka serangkaian kegiatan yang direncanakan sebelumnya bisa terlaksana dengan baik. Selain itu, pihak pembuat proposal juga mendapat keuntungan seperti bantuan dukungan penuh untuk melakukan event mulai dari awal sampai akhir.

Dukungan yang paling utama adalah bantuan dana. Namun, bisa juga dalam bentuk izin atau persetujuan. Dari sini bisa diketahui bahwa proposal apapun itu seperti contoh proposal Hari Kartini harus dibuat sebelum memulai kegiatan atau event.

Sekilas Mengenai Hari Kartini

Sekilas Mengenai Hari Kartini

Hari Kartini merupakan hari kelahiran dari pahlawan Indonesia yakni Raden Ayu Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April. Adapun tujuan dari peringatan Hari Kartini ditujukan untuk menghormati perjuangan pahlawan R.A Kartini sebagai wanita yang berani memperjuangkan emansipasi wanita.

Pada masanya waktu itu kalangan wanita tidak diperbolehkan mendapatkan hak pendidikan, kecuali jika berasal dari keluarga bangsawan. Perjuangan Kartini pun dimulai dengan membuka beberapa kelas khusus untuk para wanita yang ingin menimba ilmu.

Kelas sederhana tersebut dibuka di rumahnya sendiri dan mendapat izin dari suaminya. Dengan adanya kelas ini maka para wanita bisa mendapatkan pelajaran yang berharga seperti membaca, menulis, menjahit, kerajinan tangan, memasak dan lain sebagainya.

Perjuangan R.A Kartini kemudian diikuti oleh beberapa pahlawan wanita lainnya. Berkat perjuangan Kartini, kesetaraan kesempatan antara perempuan dan laki-laki di zaman modern khususnya dalam bidang pendidikan menjadi sama.

Perempuan pada akhirnya memiliki hak yang sama dengan laki-laki, mulai dari sekolah, berkarya, bekerja, dan memberikan kontribusi terbaik untuk kemajuan bangsa.

Peringatan Hari Kartini sendiri sudah ditetapkan dari Keputusan Presiden RI No 108 Tahun 1964, atau yang lebih tepatnya pada tanggal 2 Mei tahun 1964. Dalam keputusan tersebut juga tertulis bahwa R.A Kartini adalah salah satu Pahlawan Kemerdekaan Indonesia.

Contoh Proposal Peringatan Hari Kartini Singkat (Download)

Contoh Proposal Peringatan Hari Kartini Singkat (Download)

Proposal Hari Kartini adalah suatu rancangan kerja yang disusun untuk kegiatan atau acara dalam memperingati Hari Kartini pada tanggal 21 April. Tujuan dibuatnya proposal ini supaya event yang ingin dilakukan bisa berjalan dengan lancar mulai dari awal sampai akhir.

Maka dari itu, berikut ini kami akan bagikan beberapa contoh proposalnya dalam bentuk PDF yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Silahkan klik link berikut ini untuk mendapatkan file PDF nya secara gratis.

Kumpulan contoh proposal Hari Kartini ini tinggal diedit dengan mudah untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Sebelum memulai kegiatan, pastikan bahwa proposal sudah disusun secara detail dan benar. Semoga berhasil.

Kunjungi juga:

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.