Contoh Proposal Franchise Makanan/Minuman 2022 (Download)

Share
Comment 0 reply
Contoh Proposal Franchise Makanan/Minuman 2022 (Download)

Jadi jika dalam hal ini Anda adalah seorang pemilik suatu brand yang sedang berencana untuk memperluas bisnis serta target pasar, namun tanpa harus membuka cabang dan lebih memilih mitra dalam bentuk waralaba, maka Anda bisa cek beberapa contoh proposal franchise dalam artikel berikut.

Sangat penting untuk mengetahui seperti apa proposal franchise yang baik dan benar sesuai sistematika standar agar calon mitra Anda dapat tertarik dengan brand Anda dan nantinya bersedia untuk menjadi mitra waralaba Anda. Dapat dikatakan bahwa proposal ini merupakan salah satu bentuk promosi.

Pengertian Proposal

Pengertian Proposal

Secara umum, proposal adalah sebuah rancangan atau rencana kerja dari suatu kegiatan yang biasanya melibatkan banyak pihak dan membutuhkan dana cukup besar, misalnya acara perpisahan sekolah, sebuah konser, bazar, seminar, acara promosi suatu produk, lomba 17-an tingkat kabupaten, dan lainnya.

Tujuan dari dibuatnya proposal ini salah satunya adalah untuk mendapat kucuran dana dari pihak sponsor/donatur/investor terkait dengan biaya dari kegiatan yang akan dilaksanakan tadi. Tujuan lainnya adalah untuk mendapat izin melakukan kegiatan yang melibatkan banyak orang.

Sedangkan dalam hal bisnis, proposal dibuat biasanya untuk menjalin kerja sama, untuk mendapat modal usaha dari investor atau bentuk modal lain berupa barang dan alat. Lalu dalam bisnis kuliner franchise, proposal biasanya dibuat oleh pihak pemilik dengan tujuan ingin mendapat mitra bisnis agar merknya lebih terkenal.

Pengertian Franchise

Pengertian Franchise

Franchise atau disebut juga waralaba menjadi salah satu ide yang menarik untuk dicoba ketika ingin terjun langsung dan menjalankan sebuah bisnis namun tidak ingin terlalu repot dalam hal branding.

Pengertian dari franchise sendiri menurut Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 71 Tahun 2019 adalah hak khusus yang didapat oleh seseorang/sekelompok orang untuk memasarkan produk atau jasa dari suatu merk yang telah terbukti bermanfaat atau banyak digunakan orang dalam skema bisnis kerjasama.

Pihak yang memiliki produk makanan, minuman atau jasa jika dalam dunia franchise disebut dengan “franchisor”. Ada juga istilah “prospektus penawaran waralaba”, yaitu sebuah keterangan dalam bentuk teks yang dibuat oleh franchisor untuk diberikan kepada penerima waralaba yang isinya termasuk:

  • Identitas bisnis/merk.
  • Sejarah perusahaan.
  • Legalitas perusahaan.
  • Laporan keuangan
  • Struktur organisasi.
  • Jumlah tempat usaha.
  • Hak dan kewajiban penerima waralaba.
  • Daftar penerima waralaba di seluruh negeri.
  • Hak kekayaan Intelektual yang didapat oleh pemberi waralaba.

Prospektus penawaran waralaba yang berisi sejumlah poin di atas adalah yang secara sederhana disebut dengan proposal franchise.

Manfaat Franchise

Manfaat Franchise

Berikut adalah berbagai manfaat yang didapat oleh pemilik waralaba / franchisor ketika berhasil mendapat mitra baru lewat pengajuan proposal yang menarik dan meyakinkan:

  • Memperluas bisnis dengan lebih mudah, cepat, dan murah.
  • Memperluas layanan bisnis dan mengembangkan usaha dengan menggunakan modal milik orang lain yang dalam hal ini adalah penerima waralaba.
  • Merupakan salah satu teknik dalam mempercepat penguasaan pasar.
  • Memperluas bisnis dengan mengurangi tingkat resiko karena resikonya dibagi dengan orang lain yaitu penerima waralaba.
  • Mendapat penghasilan pasif dari royalty, fee, dan biaya pelatihan dari penerima waralaba.
  • Menambah omset serta pemutaran bisnis menjadi lebih cepat.
  • Proses manajemen, pengaturan bisnis, dan pengawasan menjadi lebih mudah karena di setiap cabang sudah memiliki pengawas dan pengatur sendiri yakni penerima waralaba.
  • Mempermudah franchisor dalam mendapat pendanaan karena bisnisnya sudah besar, tersebar, dan terkenal, misalnya pendanaan dari pinjaman bank.

Contoh Proposal Franchise 2022

Contoh Proposal Franchise 2022

Seperti yang Anda lihat, ada banyak manfaat dari bentuk kerjasama waralaba. Jadi jangan ragu untuk menjadikan beberapa contoh proposal franchise di atas sebagai referensi membuat proposal penawaran agar mendapat mitra waralaba baru.

Kunjungi juga:

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.