Contoh Proposal Pengajuan Beasiswa Kurang Mampu (Download)

Share
Comment 0 reply
Contoh Proposal Pengajuan Beasiswa Kurang Mampu (Download)

Pendidikan adalah hak bagi setiap warga negara. Biaya pendidikan yang terus melambung tak ayal membuat beberapa orang tua khawatir tidak sanggup membayar biaya pendidikan. Adanya beasiswa menjadi solusi untuk terus sekolah. Artikel ini membahas contoh proposal beasiswa kurang mampu.

Penting untuk mengetahui panduan pembuatan proposal pengajuan beasiswa kurang mampu agar dapat  membuat proposal pengajuan yang baik dan menarik. Proposal pengajuan beasiswa kurang mampu bertujuan untuk mendapatkan keringanan biaya pendidikan dari institusi pendidikan terkait.

Pengertian Proposal

Pengertian Proposal

Secara bahasa, kata proposal diambil dari Bahasa Inggris yaitu To Propose yang artinya mengajukan atau mengusulkan.

Secara istilah, pengertian proposal adalah sebuah dokumen dengan beberapa halaman yang dibuat oleh seseorang atau instansi yang berisi ide maupun gagasan atau rencana kepada pihak lain agar mendapatkan dukungan terhadap ide ataupun gagasan maupun rencana tersebut.

Arti proposal berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI adalah sebuah rencana yang dituangkan atau dibuat dalam bentuk rencana kerja. Ada 2 jenis proposal yaitu:

1. Proposal Berdasarkan Isi atau Tujuan Pembuatan

Merupakan proposal yang dibuat dengan tujuan tertentu dari seseorang atau instansi kepada pihak lain. Contoh proposal berdasarkan isi atau tujuan pembuatan adalah proposal bisnis, proposal pengajuan sponsorship, proposal pengajuan beasiswa, proposal proyek, dan lain-lain.

2. Proposal Berdasarkan Format atau Struktur Penulisan

Adalah proposal yang dibuat dengan struktur penulisan lengkap maupun kurang lengkap. Contoh proposal ini adalah proposal formal dan proposal non formal. Kedua proposal ini sama-sama menggunakan struktur kata yang baku namun berbeda penyusunan format penulisan.

Pengertian Beasiswa

Pengertian Beasiswa

Menurut KBBI, beasiswa merupakan tunjangan yang diberikan kepada pelajar maupun mahasiswa sebagai bantuan biaya belajar, dengan maksud untuk meringankan biaya pendidikan yang sedang ditempuh.

Beasiswa merupakan bantuan biaya pendidikan berupa uang tunai maupun pemotongan biaya pendidikan secara langsung. Pemberian beasiswa dilakukan dengan penyeleksian calon penerima beasiswa secara ketat yang telah memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Tujuan dari pemberian beasiswa ini adalah untuk meningkatkan semangat belajar dan pantang menyerah siswa maupun mahasiswa.

Sebelum mengajukan beasiswa, seorang pelajar atau mahasiswa perlu mempelajari contoh proposal beasiswa yang baik dan sistematis dengan harapan dapat berhasil mendapatkan beasiswa.

Manfaat Beasiswa

Beasiswa yang diberikan kepada pelajar maupun mahasiswa memiliki manfaat antara lain:

1. Meringankan Beban Biaya Pendidikan

Meringankan Beban Biaya Pendidikan

Beasiswa yang diterima seorang pelajar atau mahasiswa dapat digunakan untuk membantu meringankan biaya pendidikan yang sedang ditempuh. Beasiswa dapat menjadi solusi bagi seorang pelajar untuk tetap melanjutkan pendidikannya.

2. Memperluas Jaringan Pertemanan

Memperluas Jaringan Pertemanan

Tidak hanya mendapatkan uang atau keringanan biaya pendidikan. Seorang pelajar atau mahasiswa penerima beasiswa akan mendapatkan jaringan pertemanan dengan penerima beasiswa yang lain.

3. Diberikan pada Pelajar atau Mahasiswa yang Terpilih

Diberikan pada Pelajar atau Mahasiswa yang Terpilih

Penerima beasiswa adalah orang yang terpilih dan beruntung karena telah melewati berbagai seleksi ketat sebelum akhirnya lolos seleksi dan diumumkan sebagai penerima beasiswa.

Contoh Proposal Pengajuan Beasiswa Kurang Mampu

Contoh Proposal Pengajuan Beasiswa Kurang Mampu

Mempelajari dan memahami contoh proposal beasiswa yang baik, menarik dan sistematis akan memudahkan calon penerima beasiswa untuk membuat proposal beasiswa agar lolos dan berhasil mendapatkan beasiswa. Berikut adalah 5 contoh proposal pengajuan beasiswa yang bisa dipelajari:

Penulisan dan penyusunan proposal pengajuan beasiswa yang rapi, sistematis dan menggunakan kalimat baku akan memudahkan pembaca dari pihak penerima untuk mempertimbangkan diterima atau tidaknya proposal pengajuan beasiswa tersebut.

Beasiswa dapat menjadi solusi bagi pelajar atau mahasiswa untuk tetap melanjutkan dan menyelesaikan jenjang pendidikan. Membuat proposal pengajuan beasiswa yang rapi dan sistematis disertai data-data yang dibutuhkan sebagai syarat penerima beasiswa memperbesar kemungkinan lolos seleksi.

Kunjungi juga:

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.