Contoh Proposal Bantuan Dana Usaha Kecil Perorangan

Share
Comment 0 reply
Contoh Proposal Bantuan Dana Usaha Kecil Perorangan

Bantuan dana bagi usaha kecil perorangan sangat diharapkan oleh para pelaku UMKM, terkhusus di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Sebagai salah satu upaya dari para pelaku usaha untuk mendapat suntikan modal atau dana usaha adalah dengan mengajukan proposal bantuan dana usaha.

Artikel ini akan mengulas beberapa contoh proposal bantuan dana usaha kecil perorangan yang dapat dijadikan referensi bagi pelaku UMKM maupun pelaku usaha lainnya yang ingin mengajukan proposal terkait bantuan dana usaha.

Pengertian Proposal

Pengertian Ruang Lingkup Proposal

Proposal memiliki pengertian yakni rencana kerja atau kegiatan yang ditulis dengan susunan yang sistematis dan terstruktur dengan tujuan tertentu. Adapun tujuan dari dibuatnya proposal pada umumnya adalah untuk mendapatkan persetujuan maupun bantuan dari pihak terkait.

Bantuan yang diharapkan dari pemberi proposal dapat berupa dukungan baik secara moral maupun material agar acara dapat terselenggara dengan baik dan tidak memiliki kendala yang berarti. Proposal sendiri dibuat berdasarkan kategori masing-masing.

Proposal dapat berupa proposal kegiatan, proposal bisnis, proposal proyek dan proposal penelitian. Masing-masing proposal memiliki struktur yang berbeda menyesuaikan dengan kebutuhan agar penerima proposal dapat memahami maksud dan tujuan proposal tersebut dengan baik.

Tujuan Bantuan Dana

Tujuan Bantuan Dana

Proposal yang berkaitan dengan bisnis biasanya diajukan guna mendapat bantuan berupa materi. Pelaku usaha yang membuat proposal biasanya mengharapkan pihak-pihak tertentu untuk mendukung rencana usahanya dengan memberikan dana bantuan usaha.

Pihak sponsor pun biasanya menginginkan adanya keuntungan timbal balik yang diberikan oleh para pelaku usaha apabila mereka memberikan dana bantuan. Sponsor biasanya mendapatkan citra yang lebih baik, branding serta menjadikan bantuan ini sebagai salah satu strategi marketing.

Apabila Anda mengajukan proposal bantuan dana untuk usaha yang sedang atau akan dijalankan, agar proposal Anda terlihat menarik dan dapat diterima oleh sponsor yang perlu dilakukan adalah dengan membuat proposal secara ringkas dan membuang poin yang kurang penting.

Berikutnya adalah dengan meletakkan proposal pada pihak sponsor yang sesuai dengan visi misi dari usaha yang akan dijalankan. Terakhir adalah melakukan follow up pada pihak sponsor tanpa bertubi-tubi, sehingga tidak membuat pihak sponsor merasa terganggu.

Contoh Proposal Bantuan Dana Usaha Kecil Perorangan

Contoh Proposal Bantuan Dana Usaha Kecil Perorangan

Proposal bantuan dana usaha kecil perorangan berbeda dengan kelompok. Dari segi pembuatan proposalnya, Anda bertindak sebagai seorang individu yang mengajukan proposal bantuan dana bagi usaha milik diri Anda sendiri.

Yang perlu diperhatikan dalam pembuatan proposal bantuan dana usaha kecil perorangan adalah struktur dari proposal ini beserta ruang lingkupnya. Anda harus membuat proposal yang sistematis, rinci namun tetap fokus dengan tujuan dan inovasi bisnis yang Anda rencanakan.

Adapun secara umum, struktur proposal bantuan dana usaha kecil perorangan terdiri dari pendahuluan, deskripsi usaha, deskripsi produk, permodalan, permohonan bantuan dana dan penutup.

Berikut adalah beberapa contoh proposal bantuan dana usaha kecil perorangan yang dapat dijadikan rujukan dalam pembuatan proposal semacam ini:

Semoga contoh proposal bantuan dana usaha kecil perorangan yang ada di atas dapat membantu Anda dalam membuat proposal bisnis, yang membuat Anda menerima bantuan dana untuk mewujudkan mimpi Anda dalam membangun bisnis yang dimulai dari skala kecil.

Kunjungi juga:

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.