Contoh Kata Pengantar Proposal Singkat Populer

Share
Comment 0 reply
Contoh Kata Pengantar Proposal Singkat Populer

Membuat proposal bukanlah perkara mudah karena Anda harus memahami sistematika penulisannya dengan benar agar sesuai rencana yang diharapkan. Begitu juga dengan contoh kata pengantar proposal yang harus dibuat dengan benar karena punya peranan penting.

Setiap bagian dalam proposal memiliki fungsinya masing-masing dan saling berkaitan satu dengan lainnya. Oleh karena itu, Anda harus tahu bagaimana cara menulis kata pengantar yang benar agar proposal yang dihasilkan juga sesuai dengan tujuan kegiatan.

Peranan Kata Pengantar

Peranan Kata Pengantar

Sebelum melihat bagaimana contoh penulisan kata pengantar, ada baiknya Anda tahu apa peranan kata pengantar dalam proposal. Bagian awal dari proposal ini berisi suatu ucapan terima kasih dan ungkapan rasa syukur dari penulis proposal.

Umumnya, kata pengantar juga berisi keseluruhan isi dari apa yang ada di dalam proposal sehingga pembaca bisa mengetahui apa yang akan disampaikan melalui proposal tersebut. Sama seperti bagian lainnya, kata pengantar juga memiliki peranan penting dalam proposal.

Melalui kata pengantar, penulis ingin menyampaikan keseluruhan isi dari proposal tersebut sehingga bagian ini berfungsi untuk mengantarkan pembaca sebelum melanjutkan ke bagian intinya yang lebih rinci.

Unsur-Unsur Kata Pengantar

Unsur-Unsur Kata Pengantar

1. Pembukaan

Pembukaan kata pengantar harus tertata rapi pada bagian paragraf pertama dan kedua yang biasanya berisi ucapan syukur penulis atau tim atas terselesaikannya proposal ini. Ucapan rasa syukur ini ditujukan kepada Tuhan dengan cara penyampaian yang mungkin berbeda.

Selanjutnya, ucapan terima kasih ditujukan pada orang-orang yang sudah membantu dan mendukung penulis selama pembuatan proposal ini. Penyebutan pihak yang bersangkutan diawali dari yang paling besar pengaruhnya.

2. Isi

Unsur kedua dari kata pengantar adalah isi yang menjelaskan gambaran umum secara keseluruhan dari isi proposal yang sudah dibuat. Pada bagian ini, judul proposal biasanya akan ditulis terlebih dahulu baru kemudian pembahasan atau inti dari proposal tersebut.

Bagian isi kata pengantar sebaiknya tidak ditulis secara detail karena akan membuat kata pengantar terlalu panjang. Cukup berikan penjelasan tentang intinya secara singkat, padat namun jelas.

3. Penutup

Unsur kata pengantar yang terakhir adalah penutup yang berisi permohonan maaf dan harapan penulis terhadap proposal yang sudah dibuat. Permohonan maaf ini ditujukan pada pembaca apabila ada beberapa kesalahan pada penulisan proposal tersebut.

Meskipun proposal dibuat dengan penuh pertimbangan, tapi kesalahan mungkin saja terjadi selama proses pembuatan proposal. Selanjutnya, penulis juga menyampaikan harapan terhadap proposal ini agar bisa mencapai tujuannya dengan baik.

Susunan Kata Pengantar

Susunan Kata Pengantar

Sebenarnya, pada pembahasan unsur-unsur dari kata pengantar di atas sudah menjelaskan tentang susunan kata pengantar yang baik dan benar. Namun, jika Anda masih bingung maka bisa menyimak susunan kata pengantar berikut ini.

  1. Ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Penjelasan tentang tujuan pembuatan proposal.
  3. Penjelasan mengenai pelaksanaan penulisan proposal.
  4. Penjelasan tentang adanya bantuan bimbingan dari pihak terkait pada proposal.
  5. Ucapan terima kasih kepada pihak yang sudah mendukung dan membantu penulisan proposal.
  6. Penyebutan nama kota, tanggal, bulan, tahun dan nama lengkap penulis.
  7. Harapan penulis terhadap proposal.
  8. Ketersediaan menerima kritik dan saran.
  9. Kata penutup.

Kumpulan Contoh Kata Pengantar Proposal Singkat

Kumpulan Contoh Kata Pengantar Proposal Singkat

Jika masih bingung bagaimana cara menulis kata pengantar dengan benar, Anda bisa mempelajari beberapa contoh berikut ini.

1. Kata Pengantar Proposal Penyusunan Penelitian

2. Kata Pengantar Proposal Skripsi

3. Kata Pengantar Proposal Penelitian

Bagi Anda yang ingin menulis proposal dengan baik, maka jangan lewatkan contoh kata pengantar proposal di atas. Dengan begitu, Anda bisa membuat proposal secara utuh dengan baik dan benar sehingga peluang untuk lolos sangat terbuka lebar.

Kunjungi juga:

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.